Sabtu, 28 November 2009

MEMPERCEPAT DOWNLOAD DENGAN TORRENT

. Sabtu, 28 November 2009

1. LLVLord TCP / IP Patch

Walaupun bukan termasuk tip untuk uTorrent, tetapi Anda harus melakukan hal ini agar modifikasi tips lainnya mampu bekerja dengan baik. Selain Microsoft.com, tip ini dapat ditemukan di mana-mana. Batas jumlah max WinXP adalah setengah koneksi hanya 10 TCP. Gunakan Llvlord patch untuk mengubah batasannya menjadi 50, bahkan 100 (angka tersebut udah maksimum).

2. Memilih angka tepat untuk Port

Tip ini aplikasinya adalah dengan menggunakan port dari jangkauan port pilihan—antara 49.152 sampai 65.535. Salah satu port dinamis atau private port—untuk menjaga lintasan ISP Anda melalui BitTorrent. Caranya: pilih Options -> Preferences -> Connection dan masukkan angka perkiraan (misalnya: 57000). Lalu save.

Untuk testing, buka Options -> Speed Guide... dan klik tombol " Test if port is forwarded properly ". Ini akan membuka panel µTorrent port yang akan memberitahukan Anda jika port terbuka atau tidak.

Jika muncul pesan “OK” maka bisa lanjut ke langkah ke-3.

Jika tidak, berarti ada trouble pada port tersebut, bisa dicoba dengan angka lain. Untuk tes kali ini, kami memilih port 57000.

A. Personal Firewall - Jika Anda menjalankan software firewall seperti: ZoneAlarm, Norton Internet Security, Norton Personal Firewall, CounterSpy, McAfee, dll, maka anda harus mengkonfigurasikan firewall tersebut untuk µTorrent agar mampu mengakses ke port 57000. Hal ini biasa terjadi pada µTorrent, dan firewall tersebut selalu protektif (namanya juga firewall). Cukup pilih opsi ke "Always Allow" untuk mengakses Internet. Jika Anda menggunakan Windows Firewall, µTorrent dikonfigurasi (secara default) untuk itu, jadi gak usah repot-repot men-set ulang.

B. Home Router - Jika Anda menjalankan router (yang disebut jalur akses nirkabel), Anda mungkin harus mengkonfigurasi langsung ke semua jalur TCP / UDP BitTorrent ke port 57000 yang akan diarahkan ke komputer Anda. Untuk itu kunjungi saja http://www.portforward.com/routers.htm . Klik router yang anda gunakan. Klik aplication lalu ikuti petunjuk selanjutnya.

3. Mengoptimalkan kecepatan upload

Setting dalam kasus kali ini adalah 80% dari keseluruhan kapasitas upload. Untuk mencoba kecepatannya kunjungi aja [url]speedtest.net[/url]. Setelah testing terlaksana, ubah untuk menampilkan hasil output dalam kilobyte (lihat 'Speed Measure' di kiri atas).

Lalu Preferences -> Connection dan masukkan angka baru untuk rata-rata Maximum Upload. Angka maksimum isilah dengan “0”.

4. Setting BitTorrent

Pada Options -> Preferences -> BitTorrent Anda harus membuat beberapa modifikasi direkomendasikan. Pada bagian pertama - " Number of Connections", ubah menjadi:

Global Max. number of connections: 800

Maximum number of connected peers per torrent: 125

Number of upload slots per torrent: 80

Pada bagian berikutnya, " Additional BitTorrent Features ", centang semuanya:

Enable DHT network

Enable Local Peer Discovery

Ask Tracker for Scrape Information

Enable Peer Exchange

Terakhir, pastikan bahwa "Protocol Encryption" ter-set Enable, centang juga "Allow incoming legacy connections ". Gambarnya seperti ini:

5. Enable Encryption

Pada Options -> Speed Guide…... pastikan "Enable Encryption" tercentang. Hal ini dapat membantu bagi pengguna yang kecepatan downloadnya lemot pada ISP yang berpengaruh pada jalur P2P.

6. Advance Setting

Pada Options -> Preferences -> Advanced anda perlu membuat beberapa penyesuaian. Geser scroll ke bawah dan cari "net.max_halfopen" ubah dari 8 menjadi 50. (Jika Anda memakai koneksi dial up tidak usah diubah). Lalu cari "bt.connect_speed" ganti nilai 20 menjadi 50. Yang terakhir cari "diskio.flush_files" pastikan menjadi true. Klik Apply dan OK untuk menyimpan perubahan.

Setelah melakukan perubahan tersebut, restart uTorrent Anda. Jika telah tersambung maka ada warna hijau pada µTorrent bar bagian bawah—ini berarti Anda sudah tersambungkan. Memang terkadang agak lama nunggu ijo-nya tuh icon.

0 komentar:

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by miscah.blogspot.com